Wednesday, May 20, 2020

TIPS MENDAPATKAN BEASISWA


Kali ini kita akan membahas tentang beasiswa, gimana sih caranya bisa dapat beasiswa? Apa aja yang perlu dipersiapkan? Kalo ga lulus Universitas negeri gimana? Apakah masih dapat beasiswa? aku ga pintar bisa ga ya beasiswa? Orang tua aku ga mampu dapat beasiswa pun pasti banyak pengeluaran? Tenang disini Mrs. Demak bakal membuka pikiran teman-teman semua atas segala pertanyaan diatas. Sekarang aku mau nanya apakah kamu benar-benar pengen dapet beasiswa? Jika ya mari kita fokus pada pembahasan dibawah yang dijamin kamu bakal berpikir lebih realistis lagi.


Kebanyakan siswa SMA mendambakan Universitas impian, mereka melakukan berbagai cara untuk bisa lulus di perguruan tinggi negeri. Mempersiapkan segalanya untuk bisa bersaing dengan yang lain mulai dari les, belajar mandiri agar bisa sesuai dengan apa yang diinginkan. Nah apalagi dapat beasiswa pastinya kamu bakal senang dan bahkan ga hanya kamu aja, orang tua pasti bangga anaknya bisa beasiswa. Ini membuktikan kerja keras kamu selama ini ga sia-sia.


Mrs. Demak bakal sedikit sharing mengenai lika-liku mendapatkan beasiswa awalnya ga kepikiran buat daftar beasiswa tapi wakil kepala sekolah mengumumkan syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan aku tertarik untuk mendaftar. Aku mendaftar beasiswa bidikmisi segala berkas yang diperlukan kupersiapkan dengan baik. Tak sedikit pun informasi terlewatkan.


Banyak dari kami berbondong-bondong mendaftar setelah lama menunggu akhirnya kebanyakan data terverifikasi,rasanya gimana? Ya pasti senang lah diverifikasi aja senangnya minta ampun apalagi lulus iya gak? Setelah lama berselang pendaftaran SNMPTN dimulai dan aku di rekomendasi buat ikutan dan pastinya aku senang,,,sembari menunggu aku masih tetap belajar. Pengumuman pun tiba setelah melihat pengumuman dan zonk aku gagal guysss hmmm sedih pasti tak terkatakan.. tapi masih tetap optimis SBMPTN semangat belajar semakin menggebu-gebu sampai lupa dengan waktu sangkin berambisi harus lulus Universitas negeri tidur larut malam dan bangun pagi-pagi. Pengumuman pun tiba ternyata dan ternyata aku gagal lagi teman-teman huaaaaaa rasanya dunia ini tidak berpihak padaku dan aku sangat down sampe-sampe mama pingsan karena aku tak lulus dan saudara laki-lakiku yang sudah kuliah menangis sampai matanya bengkak…sementara hatiku terasa sangat pilu melihat kesedihan mereka. Pikiranku melayang ntah kemana “jika aku gagal orang yang aku sayang juga ikut gagal” bisikku dalam hati. Kalo kuliah di swasta biaya sangat mahal dan kuputuskan menganggur setahun.


Hari-hari berlalu beberapa bulan aku ditemani lamunan serasa tak bisa melanjutkan hidup, mungkin teman-teman merasa aku lebay tapi itulah kenyataan yang aku alami. Setahun berlalu berniat kembali ikut testing tapi namanya bukan SBMPTN lagi tapi UTBK ujian tulis berbasis computer. Ujian pun tiba aku menjawab dengan penuh ketelitian. Setelah beberapa lama pengumuman pun tiba jenggg…jenggg…jenggg…jenggg dan akhirnya yeeee aku GAGAL lagi hahahhaah gagal bukan? Tapi belum cukup sampai disini kubulatkan hati mencoba beasiswa BCA di Universitas swasta yang nantinya kalau lulus bakal dikuliahkan biaya full setelah mengirim berkas aku diferivikasi bahagia pastinya dan berharap itu kenyataan bisa lulus,,,aku selalu berdoa pada Tuhan supaya kali ini aku diberikan kesempatan. Ujian basis computer pun dilaksanakan, ujian ini sangat berbeda dari ujian SBMPTN karena waktunya yang sangat cepat. Setelah berjalannya waktu aku sudah yakin lulus tetapi apa yang terjadi aku GAGAL lagi,,ohh Tuhan apakah ini hukuman bagiku kenapa aku selalu gagal? Ucapku dalam hati tapi aku tetap optimis kulanjutkan kehidupanku sebagai mana biasanya sembari mencari informasi beasiswa lainnya.


Aku mencoba lagi mengikuti beasiswa OSC ujiannya juga berbasis computer dan ini juga aku GAGAL lagi betapa hancurnya diriku,,,,selalu gagal dan gagal lagi. Salah satu keluargaku mengetahui aku mencoba ujian beasiswa mereka memarahiku. “ buat apa kuliah saat ini kamu bekerja aja” mama pun melarang dan semua keluarga melarang karena ga ada biaya walau beasiswa pun pasti banyak pengeluaran. Sedih pasti, marah pasti tapi aku orangnya keras kepala walau berulang kali gagal aku tetap mencoba karena ga ada yang rugi kalau aku melakukannya kalau tak kulakukan serasa hidup ini hampa dan mati rasa wkkwwkw lebayy ,,,,ehhh memang iya loh asli ini dari lubuk hati yang paling dalam heheheh..okay dehh lanjuttt hmmm Mrs. Demak ini gagal kok ngasih tips mendapatkan beasiswa? Kelamaan ya bacanya hahhah sabar ya anak sabar disayang Tuhan..


Tak menyerah sampai disini hasrat ingin kuliah beasiswa masih membara dijiwa disamping gereja Santo Petrus setelah berdoa di gua Bunda Maria ku berjalan sendiri  sambil merenungi nasib yang sarat susah dan duka lara. Tiba-tiba ada sesosok wanita dan disampingnya seorang laki-laki aku mengenal mereka satu kelompok persekutuan doa di gereja itu bertanya padaku kami dari tadi mencarimu apakah kamu ingin kuliah? Tanya nya padaku ia bu saya ingin berkuliah. Nah kebetulan kami bawa formulir pendaftaran beasiswa ada banyak berbagai beasiswa disini katanya padaku,,, bahagia pastinya walau masih banyak tahap-tahapnya tapi Mrs.Demak kan pantang menyerah GAGAL ITU BIASA yang biasa itu berhenti mencoba,,, setuju ga teman-teman? Pasti setuju dong…


Kita cuss lagi segala berkas telah aku persiapkan dan tak kurang sedikit pun, ujian juga sudah dilakukan. Keesokan paginya aku menerima pesan WA yang isinya aku lulus tahap ke-2 yeeeeee puji Tuhan tak lupa aku membuat tanda salib. Meski masih ada tahap selanjutnya tapi aku sangat bahagia karena lulus ujian yuhuiiiiiii kemudian aku dipanggil wawancara ke kampus betapa senangnya menginjakkan kaki disana. Beberapa hari kemudian aku dinyatakan LULUS BEASISWA airmataku mengalir sangat deras ternyata “usaha tidak menghianati hasil” setelah sekian lama mencoba, menunggu dan berharap Tuhan membukakan jalan. Tapi belum selesai sampai disini aku masih harus berhadapan dengan keluarga karena bertolak belakang dengan keinginan mereka karena saat itu aku sudah bekerja selama 10 bulan di sebuah rumah sakit menjadi tenaga Administrasi. Mama melarang!!!


Di hari minggu aku Misa di geraja Santo Petrus duduk dikursi agak depan disaat menyayikan lagu kemuliaan air mataku tak berhenti mengalir kuingat perjuanganku mengejar beasiswa tetapi tidak direstui. Kupandang salib Yesus mengantung diatas altar ku tersungkur dan merasa semuanya sia-sia tak sesuai yang kuharapkan. Namun kita harus manuruti keinginan orang tua aku tak membantahnya tetapi hatiku hancur air mata sepanjang hari tak berhenti merebak dan aku menerima keadaan itu bantal menjadi saksi hidupku. Di malam yang sunyi dan dingin telpon ku tiba-tiba berdering ternyata dari mama terdengar suara tangisan. “kau sudah berusaha nak tapi mama melarang maafkan mama yang tak sanggup memberimu kecukupan, tapi mama bangga dengan perjuanganmu lakukanlah yang terbaik bagi dirimu kamu yang bertanggung jawab atas masa depanmu mama hanya bisa berdoa untukmu nak” kata mama padaku. Air mata merebak perasaan bahagia mama mengucapkan itu “aku yang minta maaf ma karena membantahmu dan diam-diam ingin kuliah” jawabku,  tetapi setelah kejadian ini mama sangat mendukungku meski tak bisa memberikan materi untuk biaya perkuliahan namun hanya doa restu saja itu lebih dari cukup bagiku itu diatas segalanya. Dibulan juli akhirnya aku resign dari tempat kerja dan mulai berkuliah sebagai anak beasiswa bidikmisi.


Teman-teman dari cerita Mrs. Demak diatas kita bisa mengambil beberapa hikmah dari semua percobaan yang dilakukannya dari situ kita dapat mengambil beberapa tips mendapatkan beasiswa:
1.      Belajar keras
Kamu harus tetap belajar dimana pun dan kapan pun bisa diakui Mrs. Demak tidak terlalu pintar namun kesabaran dan ketekunan akan membuahkan hasil. Seandainya Mrs. Demak pintar pasti lulus SBMPTN hahhahah

2.      Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan
Dimana pun kamu mendaftar beasiswa pasti diperlukan yang namanya berkas jadi kamu harus tetap jeli dalam mengurus segala kepentingan beasiswa ya..

3.      Persiapkan diri
Persiapan yang matang tentu akan membuat kita semakin percaya diri dengan tantangan yang ada di depan. Jadi pantaskan diri untuk mendapatkannya kamu layak menjadi seorang pemenang.

4.      Kesiapan mental
Dirimu harus sekuat baja seberapa banyak pun kegagalan yang kamu temui didalam hidupmu akan ada saatnya yang kamu inginkan akan terwujud. Tetaplah optimis mengejar impianmu.

5.      Jiwa pantang menyerah
Gagal hanya ada jika kamu berhenti jadi tetaplah mencoba apapun itu impian harus kita kejar sampai mendapatkannya.

Tetaplah Berdoa

Dasar dari semua ini adalah doa serahkan keinginanmu pada Tuhan kamu tak mampu melakukannya sendiri Tuhan akan campur tangan didalamnya… percayalah.


Mungkin saat ini kamu salah satu pengejar beasiswa dari aku sih tetaplah berusah jangan menyerah wujudkan impianmu tak ada yang bisa menghalangi mimpi besarmu ingatlah KAMU PASTI BISA, KAMU LUAR BIASA, KAMU ADALAH ORANG YANG TERBERKATI.
Semoga membantu bagi teman-teman semua terimakasihhhh God Bless….

No comments:

MENYUKAI ADIK KELAS

Mendekati adik kelas itu biasa atau luar biasa sih? Hal itu biasa dan sering terjadi. Apakah sangat bodoh seorang wanita menyukai adik ...